Kondisi Financial PT Asabri Dapat Jaminan Aman Dari Menteri BUMN

Berita Terbaru – Beberapa hari yang lalu kasus Jiwasraya memang menjadi headline dimana dan baru baru ini Kedaaan keuangan PT Asabri (persero) menjadi sorotan berbagai pihak. Akan Tetapi Menteri BUMN ambil tindakan cepat untuk klarifikasi.

Kondisi Financial PT Asabri Dapat Jaminan Aman Dari Menteri BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir pastikan keadaan keuangan PT Asabri (persero) tidak terusik walau sedang dirundung masalah sangkaan korupsi. Erick menerangkan, keadaan keuangan Asabri masih aman karena asset yang dipunyainya masih bagus. Ini tidak sama dengan keadaan asset PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang dirundung masalah korupsi.

“Likuditas Asabri ditanggung aman. Sebab cashflow-nya, asetnya semua masih bagus. Lain dengan Jiwasraya yang sangat, ya begitu,” kata Erick Thohir di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Erick menyebutkan permasalahan yang menerpa Asabri sebab terdapatnya kekeliruan peletakan pada instrumen investasi saham. Masalah ini sama yang dirasakan PT Jiwasraya. Namun, Erick sampai sekarang masih menanti hasil penyidikan dari faksi berwajib.

“Saya pikir dari Kapolri sendiri telah ambil langkah tertentu, jika yang hukum-hukum bertanya ahlinya jangan ke saya,” jelas ia. Menurut Erick, permasalahan yang menerpa Asabri mengisyaratkan jika perusahaan tidak menerapkan good corporate governance (GCG) secara baik. “Sama jika kita simpulkan, insiden Garuda, Jiwasraya, itu ujungnya apa? GCG-nya kan,” katanya.

Awalnya, rumor sangkaan korupsi di Asabri muncul ke publik berawal dari pengakuan Menteri Koordinator Bagian Politik, Hukum, serta Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Mahfud menyebutkan nilainya juga tidak kalah besar dengan masalah sangkaan korupsi di perusahaan asurani punya negara yang lain, PT Jiwasraya (Persero), yaitu sampai Rp 10 triliun.

“Saya dengar ada rumor korupsi di Asabri yang kemungkinan itu tidak kalah fantastisnya dengan masalah Jiwasraya, di atas Rp 10 triliun,” tutur Mahfud di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (10/1/2020) kemarin.

Jadi info, beberapa saham punya PT Asabri alami penurunan selama 2019. Serta, penurunan harga saham di portofolio punya Asabri berlangsung seputar 90 %. Contohnya, harga saham PT Alfa Daya Investama Tbk (FIRE) yang terkoreksi 95,79 % di 2019 lantas ke level Rp 326.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *