Fakta Menarik Dari Makanan Tradisional Vietnam Gak Tan

Berita Terbaru – Walau warnanya hitam pekat, tetapi olahan ayam namanya gak tan ini menjadi makanan yang sering dicari. Khasnya ayam ini diberikan dalam kaleng minuman soda. Tidak hanya pho, warga Vietnam memiliki makanan ciri khas yang menjadi kebanggaan. Namanya gak tan, sajian yang dibuat dari ayam ini memiliki penampilan yang nyentrik sebab warnanya hitam pekat. Gak tan adalah sup ayam yang biasa diberikan dengan mie serta kuah kaldu gurih.

Fakta Menarik Dari Makanan Tradisional Vietnam Gak Tan

Tidak cuma enak, gak tan sering dikonsumsi jadi obat herbal dan peningkat vitalitas. Makanan yang disebut hasil akulturasi dengan budaya China ini memiliki kandungan banyak rempah alami yang bisa saja obat herbal. Dikutip dari beberapa sumber, berikut serba-serbi mengenai gak tan, sajian sup ayam nyentrik yang warnanya hitam pekat. Sediakan nyali besar jika ingin mencicip rasa-rasanya.

Yang pertama Adalah sup legendaris
Gak tan bukan makanan modern, sup ayam ini telah diproses serta di nikmati semenjak beberapa ratus tahun kemarin. Sup ini sebetulnya bukan sajian asli Vietnam tetapi makanan asal China yang diproses dengan style Vietnam. Dulu gak tan jadikan makanan buat orang sakit. Bila ada orang sakit atau orang yang baru sembuh dari sakit maka diberikan gak tan jadi obat herbal. Tetapi bersamaan perubahan jaman, sekarang gak tan malah jadi makanan harian.

Tidak bingung banyak restoran yang mendatangkan gak tan jadi menu jagoan. Beberapa wisatawan yang hadir ke Vietnam banyak juga yang menyengaja mengincar gak tan. Belum komplet rasa-rasanya jika ke Vietnam tanpa ada nikmati satu mangkuk gak tan.

Yang kedua adalah Tampilannya ekstrim
Gak tan jadi terkenal sebab rasa-rasanya yang lezat tetapi bila disaksikan dengan visual karena itu sajian ini malah terlihat menjijikan. Satu porsi gak tan diberikan dengan ayam yang dibuat sampai warnanya hitam pekat. Ayam hitam berikut sebagai daya tarik. Ayam muda yang memiliki ukuran kecil ini dibuat dengan bermacam bumbu serta rempah sampai semua bagiannya berwarna hitam. Penyajiannya, ayam yang telah masak akan dimasukkan ke kaleng sisa minuman soda.

Tidak hanya ayam, gak tan diberikan dengan mie, sayuran serta kuah kaldu gurih. Tidak cuma sisi ayamnya saja yang berwarna hitam tetapi kuah gak tan memiliki warna hitam pekat. Gak tan biasa disajikan hangat serta sering jadi makanan jagoan saat suhu dingin menempa.

Yang ketiga adalah Ayam diberikan dalam kaleng minuman soda
Benar-benar gampang temukan tempat makan yang menyajikan gak tan. Umumnya penjual akan memajang ayam gak tan di muka kedainya. Bukan ayam utuh yang digantung tetapi ayam hitam yang dimasukkan dalam kaleng minuman soda. Langkah penyajian semacam ini telah dikerjakan lama, awalannya sebab dulu orang Vietnam kekurangan wadah. Akhirnya mereka manfaatkan kaleng minuman soda jadi wadah ayam gak tan.

Sebelum jadikan wadah, kaleng minuman ini lebih dulu dipotong sisi atasnya lalu dicuci sampai bersih. Kemudian baru kaleng dapat jadikan wadah untuk ayam gak tan. Sebab yang dipakai ialah ayam muda jadi semua sisi ayam dapat masuk ke kaleng. Sisi kepala serta tubuh ayam dimasukkan terlebih dulu lalu sisi kakinya dibiarkan terlihat di atas kaleng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *