Ini Taktik Jitu Untuk Membuat Indonesia Menjadi Lebih Maju

Berita Terbaru – Presiden Joko Widodo terlihat demikian optimis membangun Indonesia sampai 5 tahun ke depan. Selesai pengukuhan Presiden dan Wakil Presiden RI, Joko Widodo menjelaskan Indonesia punya potensi untuk naik kelas dari negara berpendapatan menengah. Ketentuannya, asset jumlah masyarakat umur produktif harus diberdayakan semaksimal mungkin.

Ini Taktik Jitu Untuk Membuat Indonesia Menjadi Lebih Maju

Tersedianya lapangan kerja juga harus jadi prioritas tidak hanya penambahan kualitas sdm (SDM). Tidak hanya suport ekosistem politik yang aman, Presiden Jokowi memperjelas pentingnya ekosistem ekonomi yang memberi dukungan.

Oleh karenanya, salah satunya misi yang harus dikerjakan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam 5 tahun ke depan yaitu pembangunan infrastruktur. Jadi catatan, pembangunan infrastruktur itu nanti menyambungkan lokasi produksi dengan lokasi distribusi. Tidak hanya itu, pembangunan infrastruktur yang akan dikerjakan ialah pembangunan yang memudahkan akses ke lokasi wisata.

“Pembangunan infrastruktur akan kita teruskan. Infrastruktur yang menyambungkan lokasi produksi dengan lokasi distribusi, yang memudahkan akses ke lokasi wisata, yang mengangkat lapangan kerja baru, yang mengakselerasi nilai lebih perekonomian rakyat,” kata Jokowi selesai dikukuhkan di kompleks parlemen, Minggu (20/10/2019).

Pariwisata menjadi salah satunya jagoan Indonesia untuk tingkatkan perekonomian warga. Karena itu, pemerintah sudah memutuskan 5 Lokasi Strategis Pariwisata Nasional ( KSPN) Super Prioritas yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang di Sulawesi Utara. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah memberi dukungan ke lima lokasi itu melalui beberapa program. Intinya, program pembangunan infrastruktur yang memberi dukungan berjalannya industri pariwisata.

Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, pastikan pembangunan infrastruktur pada 5 Lokasi Strategis Pariwisata Nasional Super Prioritas selesai di akhir 2020. Mengenai budget yang didistribusikan untuk membangun infrastruktur di 5 KSPN itu sampai Rp 7,6 triliun. “Dukungan infrastruktur lima KSPN harus usai akhir tahun 2020 sesuai pesan Presiden Joko Widodo saat pengukuhan serta Rapat Kabinet Terbatas awalnya,” tutur Basuki, Sabtu (26/10/2019) kemarin.

Suport Bina Marga Selain itu, Dirjen Bina Marga Sugiyartanto menerangkan Ditjen Bina Marga mempersiapkan budget sebesar Rp 869.673.347.000 pada 2019 untuk 5 KSPN. Budget itu, dia meneruskan, didistribusikan untuk membangun infrastruktur di Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, serta Likupang.

Budget itu dipakai untuk beberapa perlakuan jalan akses serta jembatan, diantaranya perawatan teratur jalan, perawatan teratur keadaan, rehabilitasi jalan, rekonstruksi jalan, perluasan jalan ke arah standard, perluasan jalan meningkatkan lajur, pembangunan jalan, perawatan teratur jembatan, rehabilitasi jembatan, dan pergantian jembatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *