Menghebohkan Wahana Di Bulan Teryata Bisa Ditumbuhi Tanaman

Berita Terbaru – Kehidupan dan misteri dunia di galaxi atau luar angkasa selalu menjadi bahan segar dan juga di nanti nanti oleh orang orang di bumi ini untuk diketahui. Tak ayal kabar kabar dari para astronot selalu menajdi informasi yang sangat penting. Sebuah berita mengagetkan kembali hadir dari wahana antariksa China, Chang’e-4.

Menghebohkan Wahana Di Bulan Teryata Bisa Ditumbuhi Tanaman

Wahana pertama dalam sejarah yang sukses datang disamping bulan itu menginformasikan sudah sukses menumbuhkan tanaman Bumi di Bulan. Saat datang disamping jauh Bulan pada 3 Januari 2019, Chang’e 4 bawa satu biosfer mini bernama Ekosistem Mikro Bulan (LME) yang berbobot 2,6 kg. Memiliki bentuk silinder dengan panjang 18 cm serta diameter 16 cm.

Di biosfer itu, ada enam cikal akan makhluk hidup, yaitu biji kapas, biji kentang, biji rapa, ragi, telur lalat buah serta rumput liar Arabidopsis thaliana. Keenamnya disimpan dalam keadaan mirip Bumi, terkecuali radiasi Bulan, mikrogravitasi serta suhu. Dari ke enam subyek, cuma satu yang diketemukan sukses tumbuh di Bulan, yakni biji kapas. Data yang diterima beberapa periset serta tunjukkan jika tanaman kapas itu dapat bertunas sampai mempunyai dua daun.

Sayangnya, tanaman Bumi pertama yang sukses tumbuh di Bulan itu tidak berusia panjang. Saat sehari di Bulan selesai (sama dengan 14 hari di Bumi), suhu Bulan saat malam hari turun sampai minus 190 derajat celcius. Dengan suhu yang demikian rendahnya, tanaman kapas yang baru bertunas juga mati. Meskipun begitu, uji coba ini bukanlah suatu hal yang percuma.

Pada sekarang, LME masih ada di Bulan untuk didapati ketahanannya. Pemimpin studi, Xie Gengxin dari Chongqing University, mengatakan akan meneruskan uji coba ini ke step selanjutnya. Ia serta mitra mengharap agar bisa kirim semakin banyak makhluk hidup Bumi ke Bulan bila sangat mungkin.

Satu diantara yang sempat dibicarakan sebelum peluncuran Chang’e 4 ialah gagasan mengirim penyu ke Bulan. Tetapi, batas beban yang cuma tiga kg membuat gagasan itu diurungkan. Apalagi, kalaulah batas bebannya memenuhi, wahana akan kehabisan oksigen di hari ke-20, serta penyu akan mati dengan benar-benar memilukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *