Inilah jawaban Medis dan Sains Memandang Fenomena Keserupan

Berita Terbaru – Seringkali mass media menyampaikan masalah kesurupan atau kerasukan. Paling akhir, insiden ini dihadapi beberapa orang saat lakukan pembongkaran makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Baitul Rahman, Ciputat, Tangerang Selatan. “Memang benar ada masyarakat yang kesurupan waktu makam-makam itu kami bongkar,” tutur Puji Laksono, Staf Kementerian PUPR sebagai orang yang bertanggung jawab dalam pembongkaran makam pada Wartakotalive.com, Senin (19/8/2019). “Team kami yang kesurupan itu tiba-tiba ngamuk. Langsung diobati, kata masyarakat disana kerasukan hantu makam itu,” sebut Puji. Tetapi, bagaimana sains melihat kejadian ini?

Inilah jawaban Medis dan Sains Memandang Fenomena Keserupan

Kesurupan dari segi medis sendiri adalah satu penyakit masalah mental serta tidak ada hubungan dengan hal mistis. Merilis Hello Sehat, masalah mental ini bisa disebabkan unsur sosial atau psikologis. Arti medis untuk kesurupan ialah Possession Trance Disorder. Possession Trance Disorder adalah kelompok diagnostik baru dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders-IV (DSM-IV). DSM sendiri adalah standard klasifikasi masalah mental yang dipakai oleh beberapa profesional kesehatan mental di Amerika Serikat. Dalam DSM-IV, possession trance disorder terhitung dalam kelompok dissociative disorder alias masalah disosiatif. Masalah disosiatif ialah hilangnya beberapa atau semua integrasi di antara masa lalu waktu dulu, kesadaran jati diri, serta sensasi dan kontrol dari pergerakan badan. Ini bermakna jika possession trance disorder bisa diklasifikasikan jadi satu bentuk dari masalah mental berkaitan pergantian jati diri diri.

Bila disimpulkan dengan terpisah, trance didefinisikan jadi kondisi mental dimana individu tidak mempunyai kesadaran atas mental serta/atau lingkungannya dalam periode waktu yang lama. Sedang possession disorder adalah satu arti dari pengalaman yang berlangsung dalam warga atau arti yang memvisualisasikan dampak dari agen abadi. Berdasar WHO dalam ICD 10 versus 2008, possession trance disorder ialah masalah dimana berlangsung kehilangan sesaat jati diri pribadi serta kesadaran penuh dari lingkungan. Terhitung di sini keadaan kesurupan yang disengaja atau yang tidak disengaja, berlangsung di luar kondisi keagamaan atau penerimaan budaya. Ini bermakna kesurupan bukan berlangsung sebab satu keyakinan agama atau budaya, tetapi lebih pada unsur mental satu orang.

Sinyal kesurupan dari bagian medis Saat badan satu orang kehilangan identitasnya, pasti dia tidak jadi diri kita serta berlaku seperti orang. Hingga waktu kesurupan atau alami possession trance disorder, orang itu bertingkah aneh, mengulas hal yang tidak biasa, serta dengan suara berlainan. Biasanya sesudah kesurupan berlangsung, orang yang berkaitan tidak ingat apa yang sudah dilakukan.

Dikutip dari psychnet-uk.com (22/2/2010), possession trance diikuti dengan pergantian sesaat dalam jati diri dimana jati diri yang normal satu orang sesaat ditukar atau seakan-akan dipunyai oleh “roh, hantu, kemampuan, dewa, atau orang”. Pengalaman jadi yang “dipunyai” oleh entitas lain, seperti orang, dewa, setan, binatang, atau benda mati, memiliki makna yang berlainan dalam budaya yang berlainan serta karenanya analisis untuk masalah ini mungkin terikat budaya.

Pemicu kesurupan Keadaan possession cuma bisa dimengerti lewat gabungan sudut pandang biologis, antropologis, sosiologis, psikopatologis serta eksperimental. Kesurupan atau possession trance disorder bisa dikarenakan oleh beberapa unsur, seperti unsur spiritual, sosial, psikologis serta fisik. Dengan lakukan kontrol dalam, mungkin unsur sebabnya dapat didapati. Masalah disosiatif dapat mengakibatkan possession trance disorder ini. Sebab trauma psikologis serta kekerasan yang berulang-ulang mengakibatkan desakan sosial serta mental. Pengalaman disosiatif ini beralih dari nonpatologis ke patologis. Tetapi, belumlah ada teori biologis mengenai asal mula masalah possession trance disorder ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *