Kostum Yang Digunakan Pak Jokowi Kala Berikan Pidato Teryata Punyai Makna Khusus

Berita Terbaru – Minggun ini menjadi salah satu minggu yang sangat ramai. Kenapa demikian karena calon presiden terpilih kita baru saja membacakan pidato kenegaraannya di depan rakyat indonesia yang tercinta ini. Namun moment itu ada hal yang sangat menarik yang dikenakan pa Jokowi. kala menyampaikan pidato kenegaraan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kenakan baju tradisi Suku Sasak, Nusa Tenggara Barat. Nyatanya baju ini sarat lambang. Tuan Guru Bajang (TGB) menguraikan arti dibalik baju Jokowi. Teryata yang digunakan pak Jokowi itu bukan sembarang kostum

Kostum Yang Digunakan Pak Jokowi Kala Berikan Pidato Teryata Punyai Makna Khusus

TGB atau TGH Muhammad Zainul Majdi adalah bekas Gubernur NTB. Ia menerangkan jika baju tradisi Sasak yang dipakai Jokowi biasa disebutkan Pegon. Ada beberapa kelengkapan dalam baju Pegon, dari mulai sisi atas yaitu ikat kepala yang disebutkan Sapuq. “Sapuq, ikat kepala melambangkan penyerahan diri pada Allah Sang Pencipta,” kata TGB pada wartawan, Jumat (16/8/2019). Simbol penyerahan diri pada Allah ada di lambang huruf Lam Jalalah (huruf alif, dua lam, serta ha dalam huruf Arab Hijaiyah). TGB lihat lambang itu di Sapuq yang dipakai Jokowi. “Iya, (letak Lam Jalalah di sapuq) naik ditengah-tengah,” kata TGB.

Sapuq yang dipakai Jokowi berwarna gelap dengan aksen emas. Tidak hanya melambangkan penyerahan diri pada Tuhan Yang Maha Esa, Sapuq adalah lambang hiasi diri dengan tindakan baik. ” ikhtiar untuk terus bersihkan diri dari sifat-sifat yang tidak baik serta menghiasi diri dengan karakter mulia,” kata TGB. Kelengkapan baju Pegon yang ciri khas ialah kain songket jadi bawahan. Kain songket ini ditambah lagi kain yang menjuntai ke tanah. Ada arti yang terdapat dalam kain-kain ini.

“Kain songket melambangkan perkhidmatan pada warga serta rakyat. Kain dalam yang menjuntai lurus ke bawah melambangkan kerendahan hati yang perlu dipunyai tiap orang terutamanya pemimpin,” kata TGB.
Jokowi kenakan songket dengan aksen emas. Ada juga senjata yang dipasang Jokowi di muka, biasa dikatakan sebagai pemaja. “Itu ialah lambang jaga kehormatan serta bela kebenaran,” kata TGB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *