Penasaran kenapa ada Lingkaran hijau di Tepi Kuning Telur, Ini Penjelasan Ilmiahnnya

Berita Terbaru – Saat kita merebeus telur, seringkali ada lingkaran kehijauan di tepi kuning telur. Apa penyebabnya? saat kita ingin makan telur rebus pasti kita pernah melihat linkaran hijau di tepi kuning telur, pasti muncul pertanyaan di benak kita amankah telur itu untuk di makan ? Apakah ada pengaruh dengan rasanya ? bagaimana cara menghilangkan? Mashed (12/8) memberikan laporan pemicu terdapatnya lingkaran hijau pada telur rebus ialah sebab Anda merebus kelamaan. Dengan ilmiah, warna kehijauan ini berlangsung karena reaksi kimia dalam telur saat kelamaan dibuat. Berikut adalah penjelasan dari seorang Direktur Pemasaran American Egg Board

Penasaran kenapa ada Lingkaran hijau di Tepi Kuning Telur, Ini Penjelasan Ilmiahnnya

Direktur Pemasaran American Egg Board, Elisa Maloberti menerangkan, “Pergantian warna dikarenakan oleh pembentukan besi sulfida yang disebut tempat kuning serta putih berjumpa. Ini tercipta saat besi dari kuning telur bereaksi dengan hidrogen sulfida dari putih telurnya.” Serta makin lama telur itu di rebus, karena itu makin gelap juga pergantian warnanya. Tetapi jangan cemas, lingkaran hijau itu masih aman dikonsumsi.

Tetapi untuk menahan lingkaran itu agar masak prima, American Egg Board menerangkan langkah memasaknya. Awalannya Anda butuh imbuhkan air dingin seperlunya sampai telur tertutup air. Panasi wajan dengan api besar sampai air mendidih, lalu selekasnya matikan api. Selanjutnya tutup pancinya serta diamkan telur di panci sampai masak.Dasar waktu memasaknya ialah 9 menit untuk telur ukuran sedang serta 12 menit untuk telur ukuran besar. Nah, untuk penyajiannya, jika ingin hangat, selekasnya tiriskan serta kupas telur.

Bila tidak, kupas dengan air dingin mengalir di atas telur. Ini ialah langkah penting sebab akan hentikan proses memasak, serta menahan terbentuknya lingkaran hijau pada kuning telur. Atau Anda dapat juga mengukus telur di panci sepanjang 13 menit. Sesudah usai, masukan telur ke wadah berisi air es serta diamkan sepanjang 15 menit atau sampai betul-betul dingin. Dengan langkah berikut akan membuahkan permukaan putih yang benar-benar halus. Serta tentunya tidak ada pergantian warna di seputar kuning telur sebab Anda memasaknya tidaklah terlalu masak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *