Tingkah Laku Membawa Barang Di Luar Kapasitas Kendaraan sangat berbahaya

Berita Terbaru – Tingkah laku yang banyak dikerjakan oleh pengendara sepeda motor, yakni bawa barang bawaan melewati batas ataukah tidak sesuai ketentuan yang berlaku. Fenomena ini sering sekali kita sksikan di indonesia Walau sebenarnya telah jelas jika itu akan memunculkan dampak jelek, khususnya buat keamanan serta keselamatan. Tentang barang bawaan di motor telah tertera dalam Ketentuan Pemerintah No 74 tahun 2014 pada masalah 10 ayat 4 serta masalah 11. Pokoknya, barang yang dibawa memakai motor tidak bisa melewati panjang setang kemudi, tinggi tidak melewati 900 mm dari atas tempat duduk, panjang tidak melewati panjang motor serta masih memerhatikan keselamatan berkendara.

Tingkah Laku Membawa Barang Di Luar Kapasitas Kendaraan sangat berbahaya

Bicara tentang keselamatan berkendara, Pelatih keselamatan dari Rifat Drive Labs (RDL) Andry Berlianto menerangkan, pengendara motor yang bawa barang melewati kapasitas butuh mengerti jika yang yang sedang ia lakukan itu bisa membahayakan pengendara atau orang di sekelilingnya. Para pelaku kadang tidak sadar tentang bahaya hal tersebut.

“Selama ini pengendara motor yang bawa barang melewati kemampuan itu condong pikirkan dirinya. Mereka cari langkah murah bawa barang tapi tidak memerhatikan dampaknya pada orang. Ke efisian itu kadang juga berdampak buruk pada orang seklilingnnya. Motor yang overcapacity itu mungkin saja susah dikontrol, tidak konstan serta yang sering tidak diakui batasi ruangan bergerak sebab dimensinya yang beralih,” sebut Andry waktu dihubungi Rabu (10/7/2019). Jangan Asal-asalan bila Bawa Barang di Atap Mobil Andry menerangkan, dampak untuk pengendara lain salah satunya bisa batasi jarak pandang ke depan. Barang bawaan yang besar itu dapat tutup jarak pandang pengendara lain jika ingin menyusul atau lihat keadaan di muka. Diluar itu, barang bawaan dengan dimensi besar dapat mengganggu pengendara lain sampai bisa mengakibatkan orang terjatuh.

“Terakhir, barang bawaan itu punya potensi terjatuh atau lepas. Walau mereka berkelit telah mengikat barang bawaan dengan aman tetapi kekuatan ini bahaya buat pengendara lain juga. Bila berjumpa pengendara dengan barang melewati kemampuan harus naikkan kesiagaan serta selekasnya menghindar dengan jaga jarak atau melalui pengendara itu,” sebut Andry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *