Penguatan Ekonomi di sektor Digital Bersama Dengan Arab Saudi Akan Terrealisasi

Berita Terbaru – Menteri Komunikasi serta Informatika (Menominfo) Rudiantara sekarang ini sedang berkunjung ke Riyadh, Arab Saudi, untuk lakukan kunjungan kerja. Kunjungan ini dikerjakan dalam rencana Penandatanganan MoU kerja sama pemerintah Indonesia-Arab Saudi untuk menguatkan ekonomi digital dua negara. Kerja sama ini ikut menggerakkan visi Indonesia jadi Daya Digital Asia tahun kedepan.

Penguatan Ekonomi di sektor Digital Bersama Dengan Arab Saudi Akan Terrealisasi

Tidak itu saja, kerja sama ini sekaligus juga memperkuat suport Indonesia pada perolehan visi 2030 dari Arab Saudi untuk menguatkan peningkatan bidang industri non-minyak. Dalam kunjungan kerja itu, Rudiantara menjelaskan kerja sama ini bisa menggerakkan investasi Arab Saudi di bidang digital, terhitung peningkatan startup unicorn baru di Indonesia.

Kerjasama digital ini bisa menjadi arena transisi info, pengalaman, serta pengetahuan oleh pakar. Tidak itu saja, Indonesia dapat lakukan penetrasi produk atau tehnologi digital ke Arab Saudi. “Kemkominfo akan menggandeng sebanyak-banyaknya wirausahawan muda, aktor industri startup, serta UKM dipilih untuk berperan serta dalam kerja sama sepanjang lima tahun ke depan,” papar Rudiantara dalam info sah, Rabu (3/7/2019).

Inisiasi kerja sama ini sebetulnya telah dikerjakan semenjak pertemuan G20 Meeting di Dusseldorf, Jerman, pada 2017. Kemudian, bahasan diteruskan dalam beberapa pertemuan. Kerja sama ini disebutkan tidak terlepas dari pengalaman Indonesia dalam menggerakkan perkembangan industri digital yang diikuti dengan timbulnya empat startup unicorn. Hal tersebut yang lalu mengundang perhatian Arab Saudi.

“Peningkatan kerja sama akan menyertakan dua unicorn Indonesia, Traveloka serta Tokopedia. Mereka dengan spesial hadir share pengalaman dengan cara langsung dengan pemerintah Arab Saudi,” papar Rudiantara.
Peningkatan 1.000 Pengembangan Digital, dan pembentukan Satgas Digital.

Dalam tempo dekat, program Nexticorn merencanakan lakukan roadshow ke Arab Saudi. Dalam roadshow ini, mereka akan bawa beberapa startup paling punya potensi dari Indonesia untuk mendapatkan investasi.

Sepanjang di Riyadh, Rudiantara akan direncanakan lakukan kunjungan ke The King Abdulaziz City for Science and Technology (KACST) serta MiSK Foundation. Kunjungan ini dilaksanakan untuk bertukar pengalaman serta info mengenai peningkatan ekonomi digital semasing negara. Menkominfo dalam kunjungan ini dibarengi oleh Staf Khusus Menteri Kominfo Bagian PMO serta Ekonomi Digital Lis Sutjiati serta Staf Khusus Bagian Hukum serta Peraturan Strategis Danrivanto Budhijanto. Ikut ada juga perwakilan Traveloka serta Tokopedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *